BERITA

IAI bersama Chartered Institute Management Accountant (CIMA) Menyelenggarakan CPD Event bertema Joining the Dots in the VUCA Era


2017-05-19

 

Ibu Lindawati Gani (anggota DPN IAI bid Hubungan Internasional) memberikan sambutannya pada joint CPD di Pulman Hotel Jakarta (18/5/17).Dalam sambutannya Ibu Linda menyampaikan terdapat beberapa hal yang fundamental yg harus dikuasi oleh akuntan,
Pertama,big data & analysis model,akuntan berperan untuk memastikan integritas dari data tersebut sehingga tidak menyesatkan dalam mengambil keputusan,
Kedua,artificial intelligence (AI).AI merupakan hal yang substansial untuk mengolah big data yang relevan bagi pengambilan keputusan.
Ketiga adalah Blockchain technology yang diperkirakan akan memiliki peran yg signifikan dlm pertumbuhan ekonomi dimasa depan.Blockchain memiliki potensi untuk menjaga transparasi,kepercayaan,menekan tingkat fraud dan korupsi.
Profesi akuntansi dan stakeholders lain harus memastikan adanya peraturan dan legal framework yg mendukung revolutionary development ini.
Revolusi Industri menjadikan teknologi semakin melekat dalam segala aspek kehidupan,kondisi ini mengubah cara pandang masyarakat.
Hal tersebut juga menyebabkan perubahan yang fundamental pada industri tradisional,termasuk profesi akuntansi yang tercermin dalam VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity).
IAI sebagai organisasi profesi terus berupaya agar akuntan di Indonesia terus dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada era yang sangat dinamis ini.

Sumber: IAI